Membuat Mini Studio Foto Produk dengan Kamera Smartphone
Mini studio berfungsi untuk membuat foto produk lebih jelas, dengan pencahayaan lebih merata, bayangan lebih lembut dan warna lebih akur...

Untuk membuat mini studio, bisa kita buat dari barang2 bekas dan dengan budget minim. Bahan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut
Kardus bekas, disarankan dengan ukuran agak besar dan agak tebal
Kertas HVS putih / kain putih
Lem / double tape
Kertas Manilla / kalender bekas yang agak besar untuk background
Lampu belajar 2 buah dengan lampu putih ukuran 24 watt atau lebih, atau bisa menggunakan lampu LED dengan ukuran 14 watt atau lebih
(untuk artikel ini saya tidak memakai lampu belajar, tapi menggunakan lightstand, karena saya tidak memiliki lampu belajar)
- Potong tutup atas kardus, dan lobangi ke 3 sisi sampingnya
- Tutup lubang tersebut dengan menggunakan kertas HVS atau kain putih, disarankan menggunakan kaertas yang tidak terlalu tebal
- Pasang kertas manilla atau kalender untuk alas / background foto
- Pasang lampu di sisi kiri - kanan mini studio
- Letakkan objek ditengah mini studio
- Nyalakan kedua lampu, dan atur posisinya sampai pencahayaan cukup baik
- Fotolah dengan berbagai sudut pandang yang jelas, jika perlu foto beberapa sudut secara close up
Dengan memahami dan mengoptimalkan keunggulan foto produk, perusahaan dapat meningkatkan daya tarik produk dan mencapai kesuksesan dalam penjualan online.
ReplyDeleteDari meningkatkan daya tarik hingga membangun kepercayaan konsumen, manfaat fotografi produk mencakup berbagai aspek yang memberikan dampak positif pada performa penjualan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menganggap fotografi produk sebagai investasi strategis untuk memastikan produk mereka diterima dan diapresiasi dengan baik di pasar yang kompetitif.
Begitu banyaknya layanan fotografi produk yang tersedia, bisnis memiliki opsi yang luas untuk meningkatkan presentasi produk mereka. Dari fotografi e-commerce yang fokus pada penjualan online hingga pemotretan kreatif yang menggugah selera, setiap layanan memiliki peran penting dalam membantu produk bersaing di pasar digital.